Login | Register Sunday, 28 Apr 2024  WIB

Artikel


Inilah Peluang Usaha Minuman Coklat

12 April 2014 12:49
Taukah anda bahwa aroma dan rasa khas dari cokelat dan kopi membuat keduanya begitu banyak digemari oleh kalangan masyarakat. Beranika ragam minuman yang menggunakan bahan dasar kopi dan cokelat pun bermunculan, seiring permintaan yang cukup besar. Peluang itulah yang kemudian ditangkap oleh Firman. Sehingga Ia kemudian membuat usaha minuman es berbahan dasar kopi dan cokelat dengan mengusung merek Mucho atau the Mummy of Chocolate.

Pria yang berasal dari Semarang, Jawa tengah itu mencoba menghadirkan nuansa minuman rasa cokelat dengan delapan varian rasa antara lain yaitu Skull Mint, Pira Mocca, Malto Firon, Dark Hancoock, White Villa, Green Amazone, Emotion Red, Lio Grape. Ia juga sempat menawarkan minuman berbahan dasar kopi dengan dua varian rasa yakni Chocoffana dan Kappucine. Ia pun kemudian menjual Mucho dengan harga yang cukup murah Rp 5.000 per cup.

Firman memulai usaha tersebut sejak Juni 2013. Agar lebih berkembang, Firman memutuskan untuk menawarkan kemitraan pada bulan Agustus 2013 yang lalu. Saat ini Firman telah mempunyai 11 mitra yang tersebar di sejumlah kota seperti Medan, Solo, Kendal dan Semarang. Firman sendiri memiliki 2 gerai.

Jika Anda berminat dan tertarik untuk bergabung, Firman menawarkan dua varian paket investasi yaitu paket Mucho Smile dengan investasi Rp 5,8 juta dan Mucho Jumbo senilai Rp 8 juta. Mitra akan memperoleh booth dan perlengkapan seperti blender, parutan cokelat, seragam dua set serta bahan baku awal.

Adapun perbedaan dari kedua paket ini hanya terletak pada ukuran booth dan jumlah bahan baku awal. Ukuran booth yang digunakan untuk paket Mucho Smile (Rp 5,8) juta lebih kecil dari paket Mucho Jumbo. Selain itu bahan baku awal yang didistrinusikan ke mitra hanya 100 cup. Sedangan booth untuk paket Mucho Jumbo (Rp 8 juta) lebih besar dan cocok untuk berjualan di pasar modern seperti mall dan semacamnya. Sementara bahan baku awal yang digunakan sebanyak 200 cup.

Dengan perkiraan menjual 70 cup minuman Mocha setiap hari, kata Firman, mitra bisa mendapatkan kembali dana investasinya dalam kurun waktu sekitar 2 sampai 3 bulan.

Dengan asumsi bahwa penjualan 70 cup per hari, mitra bisa mendapatkan omzet sekitar Rp 10,5 juta per bulan. Setelah dikurangi biaya penggunaan bahan baku, sewa tempat per bulan, gaji satu karyawan dan biaya operasional, mitra diperkirakan mendapatkan laba bersih sekitar 30 persen.

Dalam hal ini Firman tidak memungut biaya royalti. Namun, mitra diwajibkan untuk membeli bahan baku dari Firman.



Share |

◄ Kembali ◄            ◄ Kirim Ke Teman ◄            ◄ Cetak Print ◄

 

Shopping Cart

No Items

Customer Service

Telepon :
Telp : 08112035689
WhatsApp : 08112035689
Instagram : @shoppinggarut

D'JIEUN TJOKLAT :
Jl. Otista No. 2 Pasawahan Tarogong Garut Jawa Barat
GEDOENG COKELAT :
Jl. Siliwangi No. 6 Garut Jawa Barat

E - Mail : sales@coklatgarut.com
Copyright © 2012 by inti media global, Coklat Garut. All Rights Reserved